Sunday, August 8, 2010

Jangan Sampai Tertipu Vendor Undangan

Hari ini kk' sepupu yang bertanggung jawab untuk masalah undangan kembali datang kerumah untuk ngebahas desain undangan untuk yang di gedung karena ada beberapa hal yang pengen dimodif dari desain yang ini. Sebenarnya sih secara garis besar ga ada banyak perubahan dari design yang pernah diposting di blog ini juga..yang banyak berubah itu cuma dari bentuknya aja..kalo yang dulu masih di awang-awang gimana bentuknya, nah sekarang udah lebih jelas..hehe

Sudah diputuskan kalo undangannya nanti ga pake amplop. Alasannya biar simple dan menghemat kertas aja..Pasti pada mikir, ga amplop dan diganti plastik sama aja donk?jawaban gw, biasanya yang pake amplop juga tetep pake plastik..jadi ya sama aja..hehe..daripada ngomong panjang lebar, langsung aja kita masuk ke foto-foto :D *klik gambarnya yaa klo mau liat lebih jelas*
ini bagian 'amplop' atau lebih tepatnya bagian paling luarnya

ini bagian dalam amplop..itu yang warna putih polos nanti bakal dikasih denah lokasi

ini bagian isi yang terbuat dari karton tebel *ga tau nama benernya apa*

kebayang ga gimana bentuk undangannya? klo gw dikasih gitu doank sih pasti ga kebayang :p..jadi undangan itu terinspirasi dari undangan nikahan anaknya temen bokap..dari pertama liat langsung suka aja karena simple ga ribet tapi tetep keren :D..

undangan dalam posisi tertutup *tapi undangan gw ama Delon nanti ga pake pita yang diiket gitu*

Inilah isi dalamnya kalo udah dibuka :)

Okee,,enough about the design!! pasti pada bingung deh apa kaitannya desain undangan gw sama judul dari post ini..Jadi, tadi itu si kk' spupu cerita kalo salah satu orang yang punya usaha percetakan di Pasar Tebet udah ditangkap polisi karena menipu customer sampe 120 jutaa!! *gila tuh orang*..namanya Pak Iswan dan jeng Ria adalah salah satu korbannya. Katanya sih si Pak Iswan ini mulai dari adik, kk', sampe iparnya juga buka usaha percetakan di pasar tebet. Menurut si kk' spupu, adik dan kk'nya suka nipu juga, tapi kalo yang ipar masih oke laah *tapi maaf nih ga bisa share namanya, karena ga nanya juga tadi dan kayaknya ga etis juga sih*..hehe

Nah, si kk' sepupu ngasih tau beberapa tips yang harus diketahui calon pengantin sebelum pesen-pesen undangan di tempat-tempat yang murah seperti di Pasar Tebet. Jadi, gw share disini aja siapa tau bisa membantu para calon pengantin lain yang lagi bingung masalah undangan :)

- Jangan mau bayar DP mahal-mahal di awal. Untuk ikat harga CUKUP bayar Rp 100ribu atau 200ribu dulu aja. Abis ikat harga itu, si calon pengantin baru ngomongin masalah desain dan segala macamnya ke si vendor undangan ini. Nah, minta juga si vendor ini bikin dummy undangannya. TAPI untuk di pasar tebet, jangan berharap dummy-nya dicetak dan hasilnya sama persis dengan undangan kita nanti. Biasanya dummy diprint di karton..yaa paling ga untuk tahu gimana bentuknya dulu aja *dummy ini dibuat setelah desainnya fix dulu dan wajib minta dibikinin, jangan mau klo cuma diprint di HVS*. Nah, kalo dummynya udah jadi dan di acc sama calon pengantinnya. Baru bayar DP 50%. Biasanya untuk nyetak undangan, vendor butuh waktu dua minggu..ini udah dispare klo pesenan lagi rame dan kemungkinan-kemungkinan lainnya *aslinya sih bisa cuma seminggu*..selama masa ini jangan mau klo diminta tambah DP..Begitu undangannya jadi, baru deh sisa 50%nya dilunasin.

- Jangan mudah percaya kalo harganya terlalu miring. Itu patut dipertanyakan. Misalnya di Toko A 5.000, toko B 4.500, toko C 3.000..Nah, mesti hati-hati tuuh sama toko C. karena biasanya harga di Pasar Tebet gitu udah ada standarnya..ga mungkin mereka berani main harga terlalu jauh. Biasanya kalo yang berani pukul sangat murah, dia lagi butuh duit..jadinya berharap dari DP customer..jadi waspadalah!! *kayak bang napi aje yee :p*

- Vendor yang baik itu bakal selesaiin dulu kerjaannya. Jadi ga sedikit-sedikit minta tambahan DP. Bilangnya untuk inilah, itulah, padahal mungkin emang mau nipu aja. Untuk beberapa design, terutama yang ribet, mungkin mereka memang butuh waktu yang lebih lama. Tapi dikejar aja terus biar mereka tetap inget untuk ngerjain undangan kita.

- Minta no rumah atau kantor, kalau perlu alamat rumahnya. Jangan mau kalau cuma dikasih no hp aja. minta yang lengkap, jadi kan mereka ga berani kabur dan macem-macem. Walaupun mungkin ini sering dianggap sepele, tapi ini penting lho :)

Sekian dulu yaa tips-tipsnya..agak lupa td si kk' spupu ngomong apa lagi..hehe..tapi yaa, paling ga ini beberapa hal penting yang harus diinget lah..jangan sampai tertipu sama vendor-vendor undangan..karena pernah ada kejadian, 2 minggu sebelum hari H undangannya belum pada jadi..jangan sampe hal-hal kayak gini merusak hari penting yang udah direncanakan dengan rapi selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun :)..semoga membantu yaaa..